Sen06022023

Last updateSab, 04 Feb 2023 5pm

bjb

Pemerintahan

Sekda Se-Jabar Komitmen Turunkan Angka Sunting

Sekda Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si saat melakukan  Penandatanganan   Komitmen Percepatan Penanganan Stunting

Kuningan Terkini - Dalam rangka pengurangan angka stunting yang dapat memengaruhi kualitas anak di masa mendatang, Sekretaris Daerah Provinsi Jabar, Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E, M.Eng, diikuti 27 Sekda kabupaten/kota se Jabar, termasuk Sekda Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si melakukan Penandatanganan Komitmen Percepatan Penanganan Stunting, di Bappeda Provinsi Jawa Barat, Senin (09/01/2022).

Penandatangan dilakukan juga oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat.

Sekda Kabupaten Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si usai penandatanganan menuturkan, untuk pelaksanaan aksi konvergensi percepatan Penurunan Stunting dilakukan melalui intervensi gizi spesifikdan sensitif. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018, menunjukkan adanya penurunan prevalensi stunting di tingkat nasional.

“Untuk Kabupaten Kuningan, dari hasil Bulan Penimbangan Balita (BPB) dari tahun 2018 hingga tahun 2022, menunjukkan adanya fluktuatif (naik-turun). Yaitu adanya peningkatan prevalensi stunting dari 8,2 persen tahun 2018, menjadi 8,4 persen tahun 2019,” terangnya.

Untui itu terang Dian, masalah stunting harus segera dituntaskan dalam rangka menyongsong bonus demografi dan mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045. Masa depan tergantung pada aksi dan langkah kolaboratif yang dilakukan sekarang. Dalam menyongsong masa depan harus optimis namun tidak boleh lengah.

“Upaya penurunan stunting perlu dilakukan penguatan dengan dukungan semua pihak, baik pemerintah, swasta, perguruan tinggi maupun masyarakat dan pihak lainnya,” pungkasnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing