Sel20022024

Last updateKam, 15 Feb 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Diskominfo Bentuk Unit Saber Hoaks Daerah

Unit Saber Hoaks Daerah (USHD) Kabupaten Kuningan.

Kuningan Terkini - Berdasarkan informasi Unit Jabar Saber Hoaks (Unit JSH), dari 2.716 aduan yang berhasil diverifikasi melalui pengecekan fakta (fact checking), selama kurun tahun 2021 tercatat 1.883 69,4 persen, merupakan informasi keliru alias hoaks. Demikian disampaikan Wakil Ketua Unit JSH, Depi Agung Setiawan, S.Sos, MI.Kom saat melakukan kunjungan kerja ke Dikominfo Kuningan, Rabu (15/02/2023).

“Sementara di tahun 2022, tercatat sebanyak 939 atau 80,2 persen merupakan kabar bohong alias hoaks,” kata Depi Agung Setiawan, S.Sos, M.I.Kom menjelaskan.

Dikatakan, progam pereplikasian Unit Saber Hoaks di Kabupaten/Kota yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, adalah salah satu wujud implementasi kerjasama antar daerah, dalam hal ini kerjasama antara pemerintah provinsi dengan pemerintah tingkat Kabupaten/Kota.

“Pembentukan Unit Saber Hoaks Daerah (USHD) di Kabupaten/Kota, bertujuan untuk menguatkan kemitraan atau kolaborasi antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat,” jelasnya.

Sementara, Kadiskominfo Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si menyambut baik program pembentukan USHD Kabupaten/Kota di Jawa Barat dalam upaya penangulangan penyebaran hoaks. Apalagi saat memasuki tahun politik, dikhawatirkan banyak informasi bohong yang akan beredar di tengah-tengah masyarakat melalui media sosial.

“Jelang tahun politik mendatang, gesekan antar masyarakat bisa saja terjadi karena merebaknya berita hoaks. Berdasarkan pengalaman, penyebaran berita hoaks melalui media sosial akan semakin massif menjelang tahun politik,” terangnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing