Sel20022024

Last updateKam, 15 Feb 2024 4am

bjb

Pemerintahan

Kontribusi PAD PAM Tirta Kamuning Capai 2,4 Miliar

Plt PAM Tirta KAmuning, DR. Ukas Suhasfaputra, M.Si.

Kuningan Terkini - Perusahaan Air Minum (PAM) Tirta Kemuning, Kabupaten Kuningan yang maju pesat sejak 10 tahun terakhir, patut diacungi jempol. Dari total pendapatan kotor Rp65 miliar tahun 2022, sudah memetik laba Rp6 miliar dengan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp2,4 miliar.

Plt Direktur PAM Tirta Kamuning, Dr Ukas Suharfaputra, mengakui PAM sudah mencipta laba dengan ata-rata per tahun laba kotor Rp6 miliar. Terhitung 10 tahun terakhir, mulai laba hanya Rp500 juta, sekarang laba Rp6 miliar.

“Ini keberhasilan Almarhum (Deni Erlanda,red) yang merecovery. Sebelum itu, banyak kejadian, friksi-friksi. Tapi zaman Almarhum 10 tahun terakhir, berkembang pesat,” ungkap Dr Ukas Suharfaputra, Selasa (14/03/2023).

Dari peningkatan laba kata Ukas, otomatis porsi PAD juga tumbuh terus. Rumusnya, porsi PAD 55% dari laba harus masuk ke PAD. Sekarang porsinya sudah diangka Rp2,4 miliar. “Itu perkembangan bagus,” ucap Ukas.

Begitu juga dengan jumlah pelanggan PAM Kuningan terang Ukas, juga sudah tembus 54 ribu. Meskipun, kedepan akan susah naik jumlah pelanggan. Alasannya, debit air baku milik PAM saat ini 617 liter/detik, belum bertambah. Debit air baku PAM harus ditingkatkan, baru bisa menambah jumlah pelanggan.

Meski begitu, program pemasangan sambungan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun ini masih ditarget 1000 pemasangan. Tapi Ia memastikan target MBR tahun depan, akan semakin menyusut karena debit air baku belum ada.

“Untuk target MBR tahun ini 1000, karena kita masih ada idol capacity di Waduk Darma sekitar 40 liter/detik. Debit masih menganggur, kita akan manfaatkan itu. Meskipun jaringan juga sebenarnya sering terganggu karena sering bocor akibat jaringan sudah tua. Jadi otomatis, tetap harus menambah debit air baku,” pungkasnya.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing