Sel20022024

Last updateKam, 15 Feb 2024 4am

bjb

Pendidikan

Hardiknas, Guru Bebas Berkarya

Peringatan Kardiknas 2023.

Kuningan Terkini - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 yang digelar di lapangan Pandapa Paramarta, Selasa (02/05/2023) berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH saat membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim mengatakan, selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan, semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah, sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” katanya.

Para guru sekarang lanjutnya, berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

“Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka,” paparnya.

Di akhir acara, Bupati beserta seluruh undangan secara simbolis memberikan penghargaan terhadap sekolah-sekolah dengan simpanan pelajar kategori rekening dan saldo terbesar program literasi keuangan di Bank Kuningan Per Bulan Maret tahun 2023, serta pemberian penghargaan Bupati Kuningan bagi sekolah dengan siswa terbanyak penghapal Hafiz Al-Qur’an Juz 30 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Kuningan.(gg)

Add comment


Security code
Refresh


Fishing